Posted by : Unknown Minggu, 13 Oktober 2013

Kadang kita belum mengerti apakah "KI" atau Kemampuan Interpersonale itu, seakan Kemampuan Interpersonale bukanlah bagian dari hidup kita. Itulah sifat manusia yang terkadang kurang peka terhadap hal - hal yang sepele apalagi hal tersebaut tak bersangkutan dengan dirinya. Kemampuan Interpersonale sebenarnya kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam hidup kita karena kita diciptakan sebagai makhluk sosial di dunia ini. Pengertian tentang Kemampuan Interpersonale adalah suatu kemampuan seseorang untuk beradaptasi dengan lingkungan dan besosialisasi dengan individu lain, kenapa kita sangat membutuhkan Kemampuan Interpersonale sudah sangatlah jelas sekarang. Tapi kita pasti bertanya - tanya lagi bagaimana kita bisa mengukur atau melihat seberapa jauh Kemampuan Interpersonale kita ?. Memang Kemampuan Interpersonale seseorang tidak dapat di ukur dengan nilai secara nyata. Karena Kemampuan Interpersonale sebenarnya kemampuan yang tidak bisa hanya di pelajari secara teori saja, kita harus bisa menerapkan Kemampuan Interpersonale kita di lingkungan sekitar.

Fungsi dari Kemampuan Interpersonale sangatlah banyak dan bahkan tidak dapat di jelaskan secara keseluruhan dalam cerita kali ini. Salah satu fungsi ketika kita telah memiliki Kemampuan Interpersonale adalah kita bisa mengerti apa yang harus kita lakukan ketika orang yang kita sayangi seperti pacar, sahabat maupun keluarga ketika sedih, senang, marah ataupun perasaan yang lainnya. Sifat dan cara bergaul tiap seseorang pun pasti berbeda antara satu dengan yang lainnya, karena itu tiap orang pasti memiliki teman dekat yang berbeda pula yang biasa kita sebut dengan sahabat. Dari sahabat itulah Kemampuan Interpersonale sangat di butuhkan, karena jika tindakan ataupun tingkah laku yang kita perbuat sesuai seperti apa yang di inginkan sahabat kita pastilah sahabat kita merasa sangat nyaman berada di samping kita. Perasaan yang sebaliknyapun akan timbul bila kita melakukan  tindakan maupun tingkah laku yang tidak sesuai dengan apa yang di inginkan sahabat kita. Apalagi sosok sahabat sangatlah penting bagi hidup seseorang, sebagai seseorang yang dapat di percaya untuk menjaga rahasia dan juga memberikan solusi terbaik atas semua masalah yang kita hadapi.

Kemampuan Interpersonale seseorang dapat dikatakan baik jika seseorang tersebut telah peka terhadap lingkungan sekitarnya. Orang tersebut akan mengerti apa yang harus dia lakukan saat kondisi apapun, dan orang tersebut akan selalu sigap saat kondisi tersebut berubah sewaktu - waktu. Apapun kondisi yang dia hadapi dia pasti dapat menempatkan dirinya di posisi yang sesuai dengan kemampuan  yang dia miliki, orang tersebut juga secara cepat akan memberikan suatu "warna" dalam lingkungan sekitarnya. "Warna" dapat di artikan sebuah kegembiraan, solusi, maupun perubahan yang siknifikan. Itulah kenapa Kemampuan Interpersonale sangatlah dibutuhkan oleh seseorang dalam kehidupannya. Karena dengan Kemampuan Interpersonale juga kita dapat menjadi seorang yang paling berpengaruh di lingkungan kita.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments


Popular Post

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Motivasi Hidupku

The harder you fall, the higher you bounce

- Copyright © Nanda Puji Nugroho -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -